Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan

CIBINONG–Indonesia kaya cita rasa kopinya. Dari Sabang hingga Merauke, memiliki aroma maupun rasa yang berbeda. Pada masa Kolonial, di Eropa bahkan ada kamus yang mengatakan bahwa Java berarti kopi, bukan Jawa.

Karena penduduk Eropa melihat kata Java identik dengan kopi. Hingga terdapat istilah cup of Java bukan cup of coffee. Hal tersebut menjadi dasar Festival Merah Putih (FMP) 2017 menye­lenggarakan Cupping Coffee di Cibinong City Mall (CCM), kemarin (6/8).

Perwakilan panitia FMP 2017, Mahendra Kusuma menuturkan, Indonesia memiliki kopi yang sangat bagus. Sehingga pihaknya ingin mengajak kembali untuk menjadikan kopi Indonesia sebagai tuan rumah di negeri sendiri, salah satunya Bogor.

“Bogor tidak terlalu terkenal dengan kopi. Tetapi setelah digali ternyata ada produksi kopi yang enak,” ujarnya kepada Radar Bogor. Ia melanjutkan, Cupping Coffee adalah uji cita rasa. Ada empat kopi yang diujikan, di antaranya kopi Sukaraja Bogor, kopi Lendong Bogor, kopi Gayo Aceh dan kopi Kintamani Bali.

Dari keempat kopi tersebut, satu di antaranya jenis robusta, yakni kopi Lendong. “Kami menguji hasil kopi seperti apa rasanya. Adanya kopi Gayo dan Kintamani adalah sebagai pembanding dengan kopi yang ada di Bogor,” tuturnya.

Selain memperkenalkan kopi yang ada di Bogor, kegiatan tersebut juga memberikan informasi seputar kopi kepada para pengunjung yang hadir sambil mencicipi kopi yang diberikan secara gratis. Sehingga, masyarakat dapat memahami bahwa kopi tidak melulu dicampur gula.

“Karena kopi jika diminum tanpa gula pun rasanya bukan hanya pahit, tetapi ada juga yang asam, bahkan rasa vanila atau lainnya,” tukasnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung asal Depok, Siswanto (39) mengatakan, kopi Suka­mak­mur sangat enak. Bahkan, tanpa gula pun rasa Arabica-nya sudah terasa dan pas sekali

Sederhananya, coffee cupping adalah proses mengobservasi rasa sebelum kopi itu tiba dalam cangkir para penikmat kopi.

IDEALNYA, coffee cupping memang dilakukan oleh para professional yang telah terlatih tapi praktek ini—untuk skala non komersial—juga bisa dilakukan oleh siapapun. Termasuk Anda. Dalam coffee cupping (atau sering disebut juga dengan coffee tasting), bisa dikatakan, prosesnya terjadi di dua tempat, yaitu di mulut dan di hidung. Adalah penting untuk mengetahui “proses yang terjadi di dalam dua tempat ini” jika Anda pengin mencoba menseriusi coffee cupping atau sekedar ingin lebih tahu jika sedang membicarakan kopi.

Bagian pertama dari proses pencicipan (cupping) adalah di dalam lidah, di sini kita akan merasakan karakteristik-karakteristik dasar dari kopi seperti acidity (karakter asam), sweetness (karakter manis), bitterness (karakter pahit), saltiness (karakter asin—jika ada), dan savories atau rasa intinya. Proses standar dari coffee cupping dimulai dengan mengendusnya dalam, lalu menyeruputnya dengan kuat sehingga kopi yang disesap itu bisa “terlempar” ke seluruh langit-langit mulut.

Dengan makin meningkatnya popularitas Kopi di Kabupaten Bogor menjadikan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan akan terus mendorong Kopi lokal agar terus bersaing dan makin kompetitif dalam persaingan kopi kedepannya, Tutup Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor Ir. Siti Nurianty, MM

JPG2     JPG3





Kalender Kegiatan

REB
28
Pasar Tani

Diselenggarakan pasar tani secara berkala setiap bulan


Lokasi : Halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor
DES
02
Pasar Tani

Diselenggarakan secara berkala setiap bulan


Lokasi : Kantor Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor
NOV
04
Pasar Tani

Diselenggarakan pasar tani Bulan November 2016 secara berkala tiap bulan


Lokasi : Kantor Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor
OCT
07
Pasar Tani

Diselenggarakan pasar tani Bulan Oktober 2016 secara berkala tiap bulan


Lokasi : Kantor Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor
SEPT
09
Pasar Tani

Diselenggarakan pasar tani Bulan September 2016 secara berkala tiap bulan


Lokasi : Kantor Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor
pohon
Bogor Coffee Festival 2016
Barista Competition
2017 © Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan